02/01/13

Telaah kalimat efektif


(Wiyanto, 2004:48) Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat menyampaikan pesan (informasi) secara singkat, lengkap, dan mudah diterima oleh pendengar. Yang dimaksud singkat adalah hemat dala penggunaan kata-kata. Hanya kata-kata yang diperlukan yang digunakan. Sebaliknya, Kata-kata yang mubadzir tidak perlu digunakan.Penggunaan kata-kata mubadzir berarti pemborosan. Hal itu tentu bertentangan dengan prinsip kalimat efektif yang hemat.
Meskipun hemat dalam penggunaan kata, Kalimat efektif tetap harus lengkap, Artinya kalimat itu harus disampaikan. Sedemikian lengkapnya sehingga kalimat efektif mampu menimbulkan pengaruh, meninggalkan kesan, atau menghasilkan akibat. Selanjutnya, kalimat efektif harus dapat dipahami pendengar dengan cara yanng mudah dan menarik. Selain itu, kalimat efektif harus mematuhi kaidah struktur bahasa dan mencerminkan cara berpikir yang masuk akal (logis).

Contoh kalimat efektif :
  • Subyek dan atau predikat kalimat eksplisit.
Contoh :             
- Tidak efektif  : Berhubungan itu mengemukakannya juga minat baca kaum remaja makin 
                       menurun.
- Efektif          : Sehubungan dengan itu, dikemukakannya juga minat baca kaum remaja menurun.
 
  • Subyek dan predikat kalimat hendaknya tidak terpisah terlalu jauh agar kesatuan gagasan terjamin.
Contoh :
- Tidak efektif :  
Pembangunan jelas menuju zaman keemasan yang baru, menghendaki pengembangan bakat-bakat pendukung kebudayaan bangsa disegala lapangan mulai dari hal–hal yang tampaknya kecil seperti cara mengatur rumah tangga, cara bergaul dan cara memperoleh hiburan sampai meningkatkan kemasalah–masalah besar seperti pembangunan kota, memproduksi pangan, menciptakan berbagai bentuk kesenian baru, pendeknya segala soal yang membina kebudayaan baru.
- Efektif         : 
Pembangunan jelas munuju zaman keemasan yang baru. Oleh karena itu, pembangunan menghendaki pengembangan bakat–bakat kebudayaan bangsa disegala lapangan, mulai dari hal hal yang nampaknya kecil sampai kemasalah–masalah besar.

  • Keterangan harus ditempatkan setepat–tepatnya dan seterang–terangnya dalam kalimat sehingga sama sekali tidak mengganggu pemahaman. Keterangan yang dimaksud disini mencakup atribut, opsisi, adverbial, dalam bahasa Inggris disebut modifer.
- Squinting modifiers ( keterangan menjuling )

Contoh :
- Tidak efektif      :  Tahun ini SPP mahasiswa baru saja dinaikkan.
- Efektif              :  SPP mahasiswa tahun ini baru saja dinaikkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan jika ingin komentar, tapi dengan bahasa yang sopan yya :)